Jumat, 02 September 2016

Kisah Hikmah : BINTANG LAUT ITU PASTI MERASAKAN PERBEDAANYA



TAK ADA YANG SIA-SIA DARI SEKECIL APAPUN KEBAIKAN  YANG KITA LAKUKAN
TANAMLAH KURMA, WALAUPUN HARI ESOK TERJADI KIAMAT. (intisari sebuah Hadis)
Kisah Hikmah : BINTANG LAUT ITU PASTI MERASAKAN PERBEDAANYA
Pada suatu ketika, seorang amak muda berjalan menyusuri sebuah oantai. Tiba-tiba ia melihat seorang kakek yang memungut sebuah bintang laut dari pantai tersebut dan melemparnya kembali ketengah lautan. Merasa heran dengan perilaku ini, si anak muda kemudian mendekati kakek tua tersebut, kemudian bertanya “Mengapa bapak memunguti bintang laut itu dan membuangnya kembali ke tengah laut? Bukankah tindakan bapak akan sia-sia saja, toh mereka akan terbawa lagi oleh ombakke pantai ini?”
Kakek tua itu menjawab “karena apa yang saya lakukan akan memberikan perbedaan”.
Anak muda itu bertanya lagi sambil terheran-heran, “Tetapi kan banyak sekali bintang laut yang terdampar di pantai ini. Jadi apa perbedaannya?
Kakek tua tersebut kembali memungut beberapa bintang laut dan membuangya ke tengah laut sambil berujar, “perbedaannya akan dirasakan oleh bintang laut yang terdampar di pantai ini, setidak-tidaknya usahaku telah menolong beberapa bintang laut yang telah kulempar ke tangah laut untuk kembali ke kehidupan mereka.”
Anak muda itu baru menyadari hal tersebut yang menjadi perpedaanya, dan tindakan tersebit tidaklah sia-sia.
(disadur dari sumber yang tidak diketahui)
----------------------------------------------------------       
Kadang kita berpikir bahwa sebuah hal kecil yang kita lakukan tidak akan banyak berguna, sehingga kita malah tidak jadi melakukannya. Padahal, bisa jadi hal itu sangat berguna dan membuat perbedaan. Mungkin tidak berpengaruh besar pada hal yang banyak, namun mungkin akan berpengaruh besar pada suatu hal, misalnya pada hidup seseorang.
Jadi, bila sekarang berpikir untuk melakukan sesuatu yang baik, jangan berpikir apakah akan membuat perbedaan atau tidak. Lakukan saja, kar ena itu pasti akan membuat perbedaan.

      apabila anda berbuat kebaikan kepada orang lain, itu berarti berbuat lebih baik terhadap diri sendiri (Benjamin Franklin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...