Senin, 03 Oktober 2016

SENI HIDUP BIJAKSANA: “REFLEKSIKAN DIRI PADA ORANG LAIN, PERSEPSIKAN ORANG LAIN SEPERTI DIRI SENDIRI”




 SENI HIDUP BIJAKSANA: “REFLEKSIKAN DIRI PADA ORANG LAIN, PERSEPSIKAN ORANG LAIN SEPERTI DIRI SENDIRI”
Sebuah ungkapan sederhana diatas jika di implementasikan dalam dinamika kehidupan, tentu akan menjadikan hidup semakin hidup dengan bijaksana  luar biasa, namun pengimplementasiannya pada system tatanan hidup bersosial masyarakat masih menjadi hal langka, karena hal ini harus dimulai dengan peleburan egoisme yang cenderung mendominasi jiwa manusia. Sebenarnya hal ini  tidak begitu tergantung pada seberapa tinggi tingkat pendidikan  seseorang namun lebih pada kesadaran menghargai orang lain yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang  berkecerdasan social.
Perlu ditanamkan pada diri masing-masing pribadi bahwa setiap manusia sama-sama memiliki kesibukan, memiliki kebutuhan yang sama satu sama lain dan  mengemban tanggung jawabnya masing-masing. Sangat bertolak belakang dengan prinsip kebijaksanaan jika masih ada yang menganggap orang lain tidak memiliki kesibukan kemudian ditumpuki tanggung jawab yang seharusnya bukan tanggung jawabnya, dimintai menggantikan tugasnya dengan alasan berkesibukan, seolah-olah merasa dirinya paling sibuk, paling penting dalam tatanan kehidupan, atau paling memiliki kekuasaan. Lebih parahnya lagi dengan disertai merendahkan orang lain.
Seringkali seseorang ingin dimengerti namun tidak mencoba mengerti orang lain, ingin di perhatikan namun tak menyempatkan memperhatikan orang lain.
Sudah selazimnya setiap insan menyadari kehidupan dan memperindah hidup dengan membangun empati kepada manusia lainnya, memperlakukan orang lain sebagaimana memperlakukan diri sendiri. Memberikan hak sebagaimana menuntut hak, memahami sebagaimana ingin dipahami. Dengan cinta dan empati itulah manusia akan merasakan kebahagiaan hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...