Selasa, 30 Juni 2020

SUPERIORITAS DALAM KOMUNITAS

Setiap orang pasti berhubungan dengan orang lain dan memiliki komunitas, apapun itu. mulai yang cukup kecil, semisal komunitas dalam keluarga, hingga komunitas-komunitas yang lebih luas. Baik berdasarkan pekerjaan, bisnis, hobi, tempat tinggal maupun komunitas-komunitas lainnya.

Mayoritas diantara kita tentu merasa bangga jika mampu mendominasi, dan menjadi yang terkuat. Namun menurut saya bukan itu yang dibutuhkan untuk mensukseskan visi dan misi sebuah komunitas. Bahkan sebuah superioritas tidak jarang justru menimbulkan kekacauan, ketimpangan, malfungsi dan kehancuran.

Dalam hal ini saya membuat analogi sederhana. kita sudah biasa menganalogikan kekuatan persatuan dan kekompakan sebagai satu ikat sapu lidi, iya kan? disini saya akan menambahkan sedikit, mengenai analogi superioritas dalam komunitas. Misalkan sebuah komunitas itu adalah sapu lidi, maka sesosok yang merasa superior itu saya ibaratkan besi. coba bayangkan!, dari kumpulan lidi-lidi yang cukup lentur, kecil, dan mudah patah dalam sebuah ikatan yang berbentuk sapu lidi, didalamnya juga ada sebuah besi masuk dalam ikatan sapu lidi. apa yang terjadi? sudah dibayangkan kan?. Iya, yang terjadi adalah sapu lidi tidak bekerja secara maksimal, bahkan besi yang paling kuat justru mengganggu  jalan kerjanya lidi-lidi yang lain dalam satu ikat sapu tersebut. bahkan ketika lidi-lidi tersebut sudah mulai patah dan memendek sebenarnya sapu masih bisa berfungsi dengan baik, tapi jika ada satu besi saja yang tidak ikut patah dan tetap panjang dan kuat seperti sedia kala yang terjadi adalah sapu tersebut sudah tidak  bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Begitulah gambaran sederhananya, maka superioritas individu sebenarnya tidak peting dalam perjalanan sebuah komunitas. Yang terpenting adalah senasib sepenanggungan, saling percaya, kompak dan bersatu. Mari leburkan egoisme pribadi dan khusnudzon (berbaik sangkan; percaya) dengan rekan-rekan kita.

Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bisshowab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...