Rabu, 14 Juni 2017

KISAH TELADAN RASULULLAH SAW. : MEMAAFKAN KAUM YANG MENGHUJANINYA BATU



Kisah ini terjadi ketika Rasulullah SAW. hijrah ke Thaif karena mendapat gangguan dari kaum Quraisy yang sangat berat dan sulit setelah beliau ditinggal wafat oleh pamannya yaitu Abu Thalib.
Rasulullah SAW pergi ke Thaif pada bulan Syawal tahun ke-10 kenabian.  Menurut Ibnu Sa’ad, Ibnu Atsir, dan Al-Maqrizi,  dalam perjalanannya beliau ditemani oleh seorang pelayannya yang bernama ZAid bin Haritsah.
Thaif adalah kota tempat penyembahan Laata, patung yang disembah dan dijadikan tujuan ritual tahunan.
Ketika sampai di Thaif, beliaumenemui kelompok para pemuka dan pimpinan Bani Tsaqif. Beliau duduk bersama dan mengajak mereka untuk beriman kepada Allah SWT. ternyata mereka justru meresponnya dengan penolakan yang sangat keras, mereka menghina beliau dan membujuk orang-orang bodoh serta para budak untuk mencela dan meneriakinya dengan caci maki dan cemoohan. Mereka kemudian melempari beliau dengan batu kemudian Rasulullah SAW. duduk dibawah pohon kurma dalam keadaan menderita.
Apa yang ditemunya di Thaif ternyata jauh lebih berat dari pada apa yang diterimanya dari orang-orang musyrik di Makkah. Penduduk Thaif berdiri dua baris untuk menghadang Rasulullah SAW. dan dan Zaid bin Haritsah di jalan. Ketika Beliau lewat, mereka menghujaninya dengan batu, hingga Rasulullah SAW. dan Zaid bin Harits tidak sempat mengangkat kaki kecuali selalu terkena lemparan batu hingga kaki beliau berdua berdarah.
Hati dan mulut beliau berdoa, mengadukan kelemahannya dan berlindung kepada Allah SWT memohon pertolongan dan dukungan-Nya :
“ Ya Allah, hanya kepada-Mu aku mengadukan lemahnya diriku, terbatasnya usahaku, dan hinanya diriku dihadapan manusia. Wahai Dzat yang Maha Pemberi Kasih saying, Engkaulah Tuhan orang-orang yang lemah, dan Engkau adalah Tuhanku. Kepada isiapakah engkau menyerahkanku? Apakah kepada orang yang jauh menyiksaku? Ataukah kepada musuh yang telah Engkau beri kekuasaan untuk mengalahkanku? Jika tidak ada kemurkaanmu, maka aku tidak akan peduli, hanya saja kesejahterann-Mu lebih luas untukku”
“Aku berlindung dengan cahaya wajah-Mu yang menerangi kegelapan, yang diperbaiki dengan urusan dunia dan akhirat, agar kiranya Engkau tidak menimpakan kemurkaan-Mu kepadaku, atau menempatkan kemurkaan-Mu kepadaku, Hanya lilik-Mu segala keridhaan, hingga Engkaupun meridhaiku. Tidak ada daya dan upaya kecuali dari-Mu”
Lalu Allah mengutus malaikat penjaga gunung. Ia meminta izin kepada Rasulullah SAW. untuk membalikkan gunung dan ditimpakan kepada mereka. Namun Rasulullah SAW berkata, “ Aku bahkan berharap agar dari keturunan mereka lahir orang-orang yang menyembah Allah Yang Maha Esa, dan tidak menyekutukan-Nya.”
***_____________________________
Begitulah akhlak Rasulullah SAW. yang menjadi suri tauladan manusia di alam semesta ini. Beliau mempunyai rasa kasih sayang dan pemaaf yang tak terbatas, betapapun beliau dihina, dicemooh, dicaci maki dan disakiti fisiknya. Yang keluar dari sikap beliau ternyata justru kasih sayang dan maaf, beliau masih mengharapkan kebaikan dan mendoakannya dengan doa yang baik, meskipun beliau mendapatkan tawaran dari malaikat untuk menghancukan kaum tersebut dengan menimpakan gunung pada mereka.
Tidak ada gunanya menyimpan dendam didalam dada, merawat kebencian, dan membudidayakan iri dan dengki,  karena semua itu hanya akan menjadikan dada sesak, tekanan darah menjadi naik tak terkontrol, jiwa terasa rapuh dan pikiran selalu diliputi awan hitam dan hidup diwilayah khayalan, ilusi dan rencana-rencana jahat yang sangat melelahkan.
Sikap pemaaf justru akan melahirkan ketentraman dan kedamaian hati, rasa syukur terhadap apa yang kita miliki dan bersabar terhadap apa yang kita terima akan menumbuhkan dan menyebarkan virus-virus kebahagiaan yang menenangkan jiwa, menjernihkan pikiran, menentramkan hati dan menyehatkan badan.

Baca Juga:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...