Jumat, 20 Maret 2020

APA YANG HARU KITA LAKUKAN SAAT STAY AT HOME?


Saat ini seluruh belahan dunia sedang berjuang melawan pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) termasuk negara tercinta kita, Indonesia. Salah satu kebijakan pemerintah untuk menghambat dan menghentikan laju pandemi Covid-19 yang sangat mudah menular dan menyebar adalah menerapkan social distancing.
Social distancing adalah mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung sehinga aktifitas belajar, bekerja dan beribadah bisa dilakukan dari rumah, termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti pasar, mall, supermarket, tempat wisata, bioskop, dan stadion. Bila seseorang harus berada di tempat umum, setidaknya perlu menjaga jarak sekitar 1,5 meter dari orang lain.
Menyikapi hal tersebut tentunya respon masyarakat berbeda-beda sesuai cara mereka berpersepsi. Namun sebagai warga negara sebaiknya kita dengan ikhlas dan senag hati mengikuti kebijakan yang diambil pemerintah untuk tetap stay at home; Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.
Ada beberapa hal yang semestinya kita lakukan saat stay at home, diantaranya:
1. Rajin beribadah, berdo’a, dan berdzikir kepada Tuhan Yang Maha Kuasa
Sebagai seorang yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa tentunya sepakat bahwa dengan beribadah, berdzikir dan berdo’a kepada Tuhan akan membawa dampak positif bagi kesehatan spiritual, mental dan kesehatan jasmani. Dengan senantiasa mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa maka hati kita akan menjadi tenang dan sehat, sebagaimana Hadis Nabi Muhammad SAW. bahwa ketika hati baik maka baik pula seluruh tubuhnya. Selain itu dengan hati yang tenang dan tidak gelisah maka akan meningkatkan daya tahan tubuh kita dari berbagai macam virus, bakteri dan penyakit. Dan yang lebih utama tentunya kita menyakini bahwa yang menguasai seluruh mahluk dan yang paling mampu menolong kita adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka sudah semestinya kita meningkatkan kedekatan kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa.
2. Menjaga kebersihan diri dan lingkungan
Sebagai ikhtiar kita dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan adalah dengan menjaga kebersihan.
3. Tetap bekerja dan belajar dari rumah
Meski harus tetap tinggal di rumah bukan bearti kita libur dari aktifitas kerja dan belajar. Kita harus tetap bekerja dan belajar di rumah dengan memanfaatkan fasilitas, potensi dan kondisi yang ada di rumah. Lagi pula bekerja dan belajar sebenarnya bukan kewajiban yang sifatnya tuntutan, tetapi lebih pada kewajiban yang sifatnya merupakan kebutuhan kita sendiri. Dalam belajar dan bekerja dirumah tentunya kita harus mampu memanajemennya dengan baik agar tetap produktif tanpa mengabaikan dampak yang saling berhubungan dalam berbagai sisi kehidupan kita.
4. Berolah raga
Berolah raga juga penting lho untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh kita. jangan sampai karena kesibukan kita bekerja dan belajar di rumah, apa lagi hanya karena bermalas-malasan dan keasyikan rebahan kita mengabaikan aktifitas olah raga.
5. Membaca kitab dan buku cetak
Memang dunia saat ini banyak bergantung pada internet dan informasi digital, bahkan belajar dan bekerja dari rumah pun sangat bergantung padanya, namun bukan bearti kita kemudian mengabaikan membaca kitab dan buku cetak. Dengan membaca buku kita akan keluar dari kejenuhan, kesempitan lingkungan gerak dan kesempitan pola pikir.
6. Memanfaatkan waktu bersama seluruh anggota keluarga
Stay at home seperti saat ini mestinya bisa dimanfaatkan seluruh anggota keluarga untuk membangun komunikasi dan kebersamaan yang baik disamping kita harus tetap belajar dan bekerja dari rumah. Anggota keluarga bisa saja membuat kegiatan bersama seperti bersih-bersih, olah raga, masak, hingga bermain bersama, hal ini bisa membangun kedekatan dan kehangatan suasana keluarga serta menghilangkan kejenuhan saat harus selalu tinggal di rumah.
Mari kita selalu mendekatkan diri dan berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT dan berikhtiar sesuai kemampuan kita. Semoga kita semua senantiasa diberi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan di dunia dan akhirat. Aamiin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...