Sabtu, 28 Januari 2017

KEGIATAN PIKET KEBERSIHAN (RO’AN) SEBAGI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN YASINTA.




Kebersihan sebagian dari iman telah menjadi selogan di berbagai tempat, hal ini menunjukkan bahwa fitrah manusia adalah cenderung pada kebaikan. Salah satunya adalah fitrah untuk mencintai kebersihan. Semua orang sepakat bahwa kebersihan mempunyai peranan penting dalam menciptkan suasana yang menyenangkan, menentramkan, dan menyehatkan.
Mengingat betapa pentingnya peran kebersihan dalam kehidupan, Pondok Pesantren Yasinta Salatiga tidak hanya mengajarkan arti sebuah selogan kebersihan tersebut melainkan mengkarakterkan santrinya untuk mencintai kebersihan. Sebagai salahsatu upayanya adalah dengan kegiatan piket kebersihan (ro’an), maka wajar saja bila sampai saat ini Pondok Pesantren Yasinta tidak memakai jasa petugas kebersihan khusus.
Pada dasarnya kegiatan piket kebersihan (ro’an) adalah upaya pembiasaan dalam mendidik karakter santri untuk mencintai kebersihan yang dibiangkai dalam sebuah kegiatan terjadwal yang berkeadilan. Selain itu kegiatan ini juga membidik pendidikan karakter yang lain seperti kemandirian, bertanggung jawab, disiplin, rasa memiliki, peka sosial dan lingkungan serta solidaritas kesetiakawanan antar sesama santri.
Selain sebagai ajang pendidikan karakter, kegiatan ini tentu bermanfaat menjaga kebersihan lingkungan pondok pesantren. Sehingga lingkungan tempat para santri menuntut ilmu agama menjadi lingkungan yang sehat, menyenangkan, dan nyaman sehingga semua orang betah tinggal di lingkungan pondok pesantren Yasinta. (#Fahmy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...