Minggu, 19 Juni 2016

Sunnah-sunnah shalat



A.       Pengertian Sunnah
As Sunnah merupakan kata lain dari an Nafl yang artinya “tambahan” sedang menurut istilah syara’ bearti: perbuatan yang kalau dilakukan mendapat pahala, tetapi kalau ditinggalkan tidak mendapat dosa.[1]  Begitupun pengertian sunnah yang disebutkan oleh Sulaiman Rasjid dalam Fiqh Islam bahwa Sunnah yaitu anjuran, jika dikerjakan mendapat pahala, jika tidak dikerjakan (ditinggalkan) tidak berdosa.[2]
Dalam redaksi yang lain pengertian Sunnat adalah suatu perkara yang bila dilakukan umat islam akan mendapat pahala dan jika tidak dilaksanakan tidak berdosa[3].
Dari beberapa pengertian sunnah yang disebutkan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa Sunnah adalah suatu amal perbuatan yang apabila dikerjakan oleh soerang muslim akan mendapat pahala dan yang meninggalkan tidak berdosa. (Baca Juga : Macam-macam Shalat Sunnah)
      B.    Sunnah-sunnah Shalat
Sunnah-sunnah Shalat bearti suatu perbutan didalam Shalat yang apabia dikerjakan akan mendapat  tambahan pahala, jika ditingggalkan tidak berdosa dan tetep sah shalatnya.
Sunnah-sunnah shalat dibedakan menjadi dua jenis yaitu sunnah ab’ad dan sunnah hai’at.
a.      Sunnah Ab’ad[4]
Dalam mazhab Syafi’I ada dua yang termasuk sunnah ab’ad, sunnah ab’ad adalah sunah yang lebih penting (sangat dianjurkan) sehingga apabila salah satunya ditinggalkan hendaklah diganti dengan sujud sahwi. Sujud sahwi ialah sujud dua kali sesudah tasyahud akhir sebelum salam yang disebabkan karena kelupaan.
Yang termasuk sunnah ab’ad antara lain:
1.      Membaca tasyahud pertama sesudah sujud kedua dari rakaat yang kedua sebelum berdiri pada rakaat yang ketiga.
Sesuai dengan hadis Nabi :
عن عبد الله بن بحينة صلى بنا رسول الله صلى الله عليه وسلم الظهر فقام وعليه جلوس فلما كان فى اخرصلا ته سجد سجد تين وهو جا لس. رواه البخارى ومسلم.
Dari Abdullah bin Buhaina, “kami telah shalat dzuhur bersama-sam Rasulullah saw. Beliau berdiri dan beliau ketinggalan duduk tasyahud pertama. Maka pada akhir shalat, beliau sujud dua kali.”
(Riwayat Bukhari dan Muslim)
عن ابن مسعود قال ان محمدا صلى الله عليه وسلم قال اذاقعدتم فى كل ركعتين فقولواالتحيات لله والصلوات...الخ. رواه أحمد والنسا ئ.
Dari Ibnu Mas’ud. Ia berkata,”sesungguhnya Muhammad saw telah berkata,”apabila kamu duduk pada tipa-tiap dua rakaat shalat, hendaklah kamu baca attahiyatu lillah wasshalawatu dan seterusnya.”
(Riwayat Ahmad dan Nasa’i)
2.      Qunud sesudah I’tidal yang akhir pada shalat subuh dan witir, sejak malam tanggal 16 bulan ramnadhan sampai akhirnya.
عن انس قال ما زال رسول الله صلى الله عليه وسلم يقنت فى الصبح حتى فارق الدنيا  رواه الامام أحمد .
Dari Anas. Ia berkata “ Rasulullah SAW. Senantiasa membaca doa qunut pada shalat subuh hingga sampai saat beliau meninggal dunia,”
(Riwayat Imam Ahmad)
Lafaz Doa Qunut:
اللهم اهدنى فيمن هديت و عافنى فيمن عافيت وتولنى فيمن توليت وبارك لى فيما اعطيت وقنى شر ما قضبت فانك تقضى و لا يقضى عليك وانه لايذل من واليت ولا يعز من عاديت تباركت ربنا وتعاليت, رواه ابو داود و الترمذى و النسائى
Ya Allah,berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk, berilah aku kesehatan seperti orang-orang yang telah engkau beri kesehatan, lindungilah aku seperti orang-orang yang telah mendapat perlindungan Mu, berilah berkah pada barang yang telah Engkau berikan padaku, jauhkan aku dari kejahatan yng telah Engkau pastikan, karena sesungguhnya hanya Engkaulah yang dapat memastikan sesuatu dan tak ada lagi yang berkuasa di atas Engkau, dan sesungguhnya tidak akan terhina orang yang mendapat perlindungan-Mu, dan tidak akan mulia orang yang Engkau musuhi. Ya Allah, bertambah-tambah kebaikanmu, dan hilanglah segala yang tidak layak bagimu.” (Riwayat Abu Dawud, Thirmidzi dan Nasa’i)
Sebagian ulama berpendapat bahwa qunut pada salat subuh itu tidak disunnahkan. Hadis Anas tersebut menurut penyelidikan mereka adalah hadis dhoif. Yang disyariatkan hanya (qunut nazilah yaitu qunut karena bahaya, bala’ yang menimpa masyarakat Islam seperti musim penyakit, zaman rusuh, usim kemarau) dan disunnahkan pada sekalian shalat lima waktu.
عن انس ان النبى صلى الله عليه وسلم قنت شهرا يد عوا على احياء من احيا ء العرب ثم تركه.رواه آحمد ومسلم والنسائ وابن ماجه.
Dari Anas,” Sesungguhnya Nabi Saw. Telah membaca qunut satu bulan lamanya, beliau mendoakan segolongan masyarakat Arab, kemudian beliau hentikan.” (Riwayat Ahmad, muslim, Nasai dan ibnu Majah)
عن ابن عباس قال قنت رسول الله صلى الله عليه وسلم شهرا متتا بعا فى الظهر والعصر والمغرب والعشاء والصبح فى دبر كل صلاة اذا قال سمع الله لمن حمده من الركعة الاخرة يدعوا عليهم من بن سليم على رعل وذكوان وعصيبة ويؤمن من خلفه.  رواه أبوداود أحمد .
Dari Ibnu Abbas. Ia berkata, “Rasulullah SAW. Telah membaca doa qunut satu bulan berturut-turut pada shalat dzuhur, asar, Maghrib, Isya’, dan Subuh pada ahir tiap-tiap shalat ketika i’tidal rakaat penghabisan. Beliau mendoakan mereka dari kabilah Banu Sulaim, Ra’lin, Zakwan dan ‘Usaiyah. Orang yang shalat mengikuti beliau mengaminkan doa beliau itu.” ( Riwayat Abu Dawud dan Ahmad).
b.      Sunnah Hai’at
Sunnah hai’at adalah sunnah yang sifatnya anjuran biasa, sehingga bila salah satunya ditinggalkan tidak perlu diganti dengan sujud sahwi[5]
Sunnnah-sunnah Shalat antara Lain[6]:
1.         Mengangkat kedua tangan ketika takbiratul ihram sampai tinggi ujung jari sejajar dengan telinga, telapak tangan setinggi bahu, keduanya menghadap kiblat
2.         Mengangkat kedua tangan ketika akan rukuk, ketika berdiri dari rukuk, dan tatkala  berdiri dari tasyahud awal dengan cara seperti yang telah diterangkan pada takbiratul ihram.
Sebagaimana hadits nabi Muhammad SAW:
عن ابن عمَرَ قال كان النبيُّ صلى الله عليه وسلم اذا قام الى الصلاة رَفَع يديهِ حتى يكونا بحذوِ منكبيه ثم يكبِّرُ فاِذا أراد أنيركع رَفَعهما مثل ذلك واِذا رفع رأسه من الركوع رَفَعهما كذلك. ( روه البخارى ومسلم )
Dari Ibnu Umar. Ia berkata,” Apabila Nabi SAW. Hendak melakukan shalat, beliau mengangkat kedua tangannnya sehingga keduanya sama tinggi dengan kedua belah bahunya, kemudian baru beliau takbir, apabial beliau hendak rukuk, beliau mengangkat kedua tangannannya seperti demikian; dan apabila bangun dari rukuk, beliau angkat pula kedua tangannya seperti demikian.”
(Riwayat bukhari dan muslim )
ولا يفعلُ حين يرفع رأسه من السجود ولا يرفعهما بين السجدتين. (روه مسلم )
Beliau tidak mengangkat kedua tangan ketika bangkit dari sujud, dan tidak pula ketika duduk diantara dua sujud. (Riwayat Muslim)
 اذا قام صلى الله عليه وسلم من الركعتين رفع يديه ( روه البخارى )
Apabila beliau berdiri dari rakaat yang kedua beliau mengangkat kedua tanganny. (Riwayat Bukhari)
3.         Mmeletakkan telapak tangan kanan diatas punggung tangan kiri, dan keduanya diletakkan dibawah dada, menurut sebagian ulama diletakkan dibawah pusar.
4.         Melihat kearah tempat sujud. Selain pada waktu membaca:
 اشهد ان لااله الاالله  Dalam tasyahud. Ketika itu hendaklah melihat ke telunjuk
5.      Membaca do’a iftitah sesudah takbiratul ihram, sebelum membaca Al Fatikhah, lafalznya:
اللهم باعد بينى وبين خطاياى كما باعد ت بين المشرق والمغرب. اللهم نقنى من خطاياى كما ينقى الثوب الابيض من الدنس اللهم اغسلنى من خطاياى بالثلج والماء والبردِ
Haditsnya :                          
عن ابى هريرة قال كان النبي صلى الله عليه وسلم اذا كبر فى الصلاة سكت هنيهة قبل القراءة فقلت يا رسول الله بأبى انت وأمّىْ ارايت سكوتك بين التكبير والقراءة ما تقول؟ قال اقول: اللهم باعد بينى وبين خطاياى كما باعد ت بين المشرق والمغرب. اللهم نقنى من خطاياى كما ينقى الثوب الابيض من الدنس اللهم اغسلنى من خطاياى بالثلج والماء والبردِ ( روه البخارى ومسلم )
Abu hurairah berkata,” Rasulullah SAW apabila telah mengucap takbir dalam shalat, beliau diam sebentar sebelum membaca Al Fatikhah. Saya bertanya kepada beliau,” wahai Rasullah, demi ayah dan ibuku yang menjadi tebusanmu, apakah yang engkau baca diantara takbir dan Fatikhah?” Jawab beliau “ Saya membaca: Yaa Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana engkau telah menjauhkan antara timur dan barat, Ya Allah bersuhkanlah aku dan kesalahanku sebagaimana kain putih dibersihkan dari kotoran, Ya Allah, basuhlah kesalahanku dengan air, es dan embun.” (Riwayat Bukhari dan Muslim)
Atau dengan lafaz yang tersebut dalam hadits lain, yaitu:
وجهت وجهى للذى فطرالسموات والارض حنيفا مسلما وما انا من المشركين,ان صلاتى ونسكى ومحياى ومماتى لله رب العالمين, لاشريك له وبذلك امرت وانا من المسلمين. (رواه مسلم)
“Aku menghadapkan mukaku ke hadirat yang menjadikan langit dan bumi dengan tunduk menyerahkan diri. Aku bukanlah termasuk orang-orang yang mempersekutukan Allah. Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk tuhan semesta alam, Tuhan yang tidak bersekutu bagiNya, dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang menyerahkan diri (kepada Allah),” (Riwayat Muslim)
6.      Membaca Ta’awudz sebelum membaca basmalah. Lafalnya:
اعوذبالله منن الشيطان الرجيم  (رواه أبوسعيد الخدرى)
"Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk.
 (Riwayat Abu Sa’id Al-Khudri)
Firman Allah SWT.:
فاِذا قرأت القران فاستعذ بالله من الشيطان الرجيم.  (سورة النحل      )
“Apabila kamu membaca Al-Qur’an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari setan yang terkutuk.” ( An-Nahl : 98)
7.      Diam sebentar sebelum membaca Al-Fatikhah dan sesudahnya.
عن سمرة كانن النبى صلىى الله عليه وسلم يسكت سكتة اذا كبررر وسكتة اذا فرغ من قراءة الفا اتحة.
 (رواه أبو داود)
"Dari samurah ,”Nabi SAW. Diam sebentar apabila sudah takbir dan apabila sudah selesai dari membaca Al-Fatikhah.” ( Riwayat Abu Dawud )
8.      Membaca Aamiin sehabis membaca Al-Fatikhah.
Kalau Al-Fatikhah dibaca dengan suara keras, Aamiin juga dibaca keras. Sebaliknya kalau Al-Fatikhah tidak dibaca keras aamiin pun tidak dibaca keras.
Sabda Rasulullah SAW.:
اذا قال الامام: ولاالضّالين فقولوا امين فان الملائكة تقول امين والامام يقول امين فمن وقف تأمينه تأمين الملائكة غفر ما تقدم من ذنبه.  (رواه أحمد والنسائىى )
apabila berkta walad daalliin,hendaklah kamu berkata aamiin, maka sesungguhnya malaikat berkata aamiin pula, dan imam juga berkata aamiin. Maka barang siapa yang sama-sama aamiinnya dengan aamiin malaikat, diampuni dosanya yang telah lalu.” (riwayat Ahmad dan Nasai)
عن وائل بن حجر انه سمع رسول الله صلى الله عليه وسلم حين قال ولاالضالين قال رب اغفرلى امين. 
(رواه الطبرانىى والبيهقى )
Dari  Wail bin Hujrin, Ia telah mendengar Rasulullah SAW. Ketika selesai membaca  walaad dalliin, beliau membaca rabbighfirli aamiin
(riwayat Tabrani dan baihaqi)
9.      Membaca surat atau ayat Qur’an bagi imam atau orang shalat sendiri sesudah membaca Al-Fatikhah pada dua rekaat yang pertama(ke-1 dan ke-2) dalam tiap-tiap shalat. Surat atau yat yang dibaca dalam rekaat pertama hendaklah lebih panjang daripada yang dibacaa dalam rekaat kedua, dan kedua surat itu hendaklah berurutan sebagaiana urutan dalam Qur’an.
عن ابى قتادة ان النبى صلى الله عليه وسلم كان يقرأ فى الظهر فى الاوليين بأم الكتاب وسورتين وفى الركعتين الاخريين بفاتحة الكتاب ويسمعنا الاية احيانا ويطول فى الركعة ةالاولى ما لايطيل فى الثانية و هكذا فى العصر وهكذا فى الصبح. (رواه بخارى و مسلم)
Dari Abu Qatadah, “Sesungguhnya Nabi SAW. Membaca Al-Fatikhah dan dua surat pada dua rekaat yang pertama waktu shalat dhuhur, pada dua rekaat yang terakhir (rekaat ke 3 dan ke 4) beliau membaca Al-Fatikhah saja, ayat yang beliau baca itu sewaktu-waktu (kadang-kadang) beliau perdengarkan kepada kami, ayat yang beliau baca pada rekaat pertama lebih panjang daripada yang beliau baca dalam rekaat yangkedua, demikian pula pada shalat ashar dan pada shalat subuh.”
(riwayat Bukhari dan Muslim)
10.  Sunnah bagi makmum mendengar bacaan imamnya.
Firman Allah SWT:
واذا قرئ القران فاستمعواله.  (الاعراف          )
“dan apabila dibacakan Al Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik”
(Al-A’raaf: 204)
Sabda Rasulullah SAW.:
اذا كنتم خلفى فلا تقرءوا الابأم القران.  (رواه الترمذى)
“apabila kamu shalat dibelakang saya (mengikuti saya), maka janganlah kamu baca apa-apa selain ummul Qur’an ( Al-Fatikhah).” (riwayat Tirmizi)
11.  Mengeraskan bacaan pada shalat subuh dan pada dua rekaat yang pertama pada shalat maghrib dan isya, begitu juga shalat jumat, shalat hari raya, tarawih dan witir pada bulan ramadhan, beralasan dengan amal rasulullah SAW. Yang diriwayatkan oleh Bukhari
12.  Takbir tatkala turun dan bangkit, selain ketika bangkit dari rukuk.
13.  Ketika bangkit dari rukuk membaca:
سمع الله لمن حمده.
14.  Tatkala i’tidal membaca:   سمع الله لمن حمده
Sesuai dengan hadits nabi:
عن ابىى هريرة كان النبى صلى الله عليه وسلم اذا قام الى الصلاة يكبر حين يقوم ثم يكبر حين يركع ثم يقول (سمع الله لمن حمده) حين يرفع صلبه من الركوع ثم يقول وهو قائم (ربنا ولك الحمد) ثم يكبر حين يهوى ساجدا ثم يكبر حين يرفع رأسه ثم يكبر حين يسجد ثم يكبر حين يرفع الثانية ثم يفعل ذلك فى ركعات الصلاة كلها ويكبر حين يقوم من الثنتين بعد الجلوس للتشهد الاوسطز    (رواه البخارى ومسلم )
Dari Abu hurairah Rasulullah SAW apabila berdiri untuk shalat, beliau takbir ketika berdiri, takbir ketika rukuk, kemudian membaca sami’Allaahu liman hamidah ketika bangkit dari rukuk, lalu membaca rabbana walakal hamdu ketika I’tidal. Beliau takbirketika turun akan sujud, kemudian takbir ketika bangun dari sujud, lalu takbir lagi ketika sujud kedua dan ketika bangkit dari sujud. Beliau lakukan demikian pada semua rakaat shalat, dan beliau takbir ketika berdiri dari rakaat yang kedua sesudah tasyahud pertama. ( Riwayat Bukhari dan Muslim )
15.  Meletakkan dua tapak tangan di atas lutut ketika rukuk. Keterangan yaitu amal Rasulullah SAW. (Riwayat Bukhari dan Muslim)
16.  Membaca tasbih tiga kali ketika rukuk. Lafaznya:
 سبحا ن ربّي العظيم. رواه مسلم .
Maha suci Tuhanku Ynag Maha Agung”. (Riwayat Muslim)
17.  Membaca  tasbih tiga kali ketika sujud. Lafaznya:
سبحا ن ربي الاعلى. رواه مسلم وأبوداود.
“Maha suci Tuhanku uyang Maha tinggi”. (Riwayat Muslim dan Abu Dawud)
18.  Membaca do’a ketik duduk antara dua sujud. Lafaznya :
عن ابن عباس ان النبى صلى الله عليه وسلم كان يقول بين السجدتين اللهم اغفرلى وارحمنى واجبرنى واهدنى وارزقنى.  رواه الترمذى وابوداود.
Dari Ibnu Abbas,”sesungguhnya Nabi SAW membaca diantara dua sujud : (yang artinya) ya Allah ampunilah aku, berilah rahmat kepadaku, cukupilah aku, pimpinlah aku, dan berilah rizki kepadaku.” (Riwayat Tirmidzi dan Abu Dawud)
19.  Duduk iftirasy (bersimpuh) yaitu duduk di atas mata kaki kiri, tapak kaki kanan ditegakkan ujung jari kanan dihadapkan ke kiblat. Pada semua duduk dalam shalat kecuali duduk akhir. Keterangnnya yaitu amal Rasulullah SAW (Riwayat Tirmidzi)
20.  Duduk tawaruk yaitu duduk seperti iftirasy, tetapi tapak kakinya yang kiri di keluarkan sebelah kanan dan pantatnya sampai ke tanah, di duduk tasyahud akhir. Keterangannya adalah amal Rasulullah SAW. (Riwayat Bukhari)
21.  Duduk istirahat (sebentar) sesudah sujud kedua sebelum berdiri. Beralasan kepada amal Rasulullah SAW. (Riwayat Bukhari)
22.  Bertumpu pada tanah tatkala hendak berdiri dari duduk. Keterangannya amal Rasulullah SAW. (Riwayat Bukhari)
23.  Member salam yang kedua, hendaklah menoleh kesebelah kiri sampai pipi yang kiri itu kelihatan dari belakang.
عن سعيد بن ابى وقاص قال كنت ارى النبى صلى الله عليه وسلم يسلم عن يمينه وعن يساره حتى يرى بياض خده. . رواه مسلم.
Dari Sa’id bin Abi Waqas. Ia berkata, “Saya lihat Nabi saw. Member salam kekanan dan kekiri sehingga kelihatan putih pipi beliau.” (Riwayat Muslim)
24.  Ketika memberi salam hendaklah diniatkan memberi salam kepada yang sebelah kanan dan kirinya, baik terhadap manusia maupun malaikat. Imam member salam kepada makmum, dan makmum berniat menjawab salam imam.



[1] Drs. H. Aliy As’ad,Tarjamah Fatkhul Mungin jilid 1 (Kudus : Menara kudus,1980), h.233
[2] Sulaiman Rasjid, Fiqh Islam,(Bandung:Sinar Baru Algensindo,2004), h.1
[4] Sulaiman Rasjid, Fiqh Islam,(Bandung:Sinar Baru Algensindo,2004), h.95
[5] Dr. Musthafa Dai al-Bigha. Tadzhib kompilasi hukum islam ala madzhab syafi’I,(Surabaya:Al-Hidayah, Tt)157.
[6] Sulaiman Rasjid, Fiqh Islam,(Bandung:Sinar Baru Algensindo,2004), h.88

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pembelajaran dalam perjalanan pendidikan guru penggerak

Pendidikan Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Program ini meliputi pelatih...